Income-Report-September-2018


Baiklah. Saya tidak begitu yakin alasan kenapa teman-teman membuka link artikel ini.

Ini adalah tulisan pertama saya yang membahas jumlah penghasilan tambahan (extra money) yang saya peroleh dari menulis blog secara online.
Ya, menulis sambil menikmati senja, dan duduk bersama secangkir kopi. Asseekkk... 😄

Saya tahu, banyak diantara teman-teman yang bertanya-tanya mengapa saya harus menulis dan mempublikasikan laporan penghasilan online yang saya peroleh setiap bulan di sini. Sebagian besar mungkin akan langsung menilai saya suka pamer, sombong, atau ya... (banyaklah).

Mungkin salah satunya begini,



Banyak blogger atau youtuber yang penghasilannya jauh lebih besar diluar sana, tapi gak pernah ada yang mamerin jumlahnya.. 

(Saya berharap), sebagian lagi bisa merasa terbantu karena saya memilih terbuka untuk menceritakan tentang bagaimana menghasilkan uang secara online. Dan yang jelas bukan bisnis semacam MLM atau sejenisnya yang harus merayu orang lain untuk ikut-ikutan.

Namun, terlepas dari apapun yang teman-teman pikirkan tentang tulisan ini, saya senang bisa menulis dan mempublikasikan laporan ini sekarang (dan mungkin juga bulan-bulan berikutnya). Paling tidak untuk alasan-alasan berikut:

1. Pertama, sebelum saya mulai mengenal blogging, sepenuhnya jumlah penghasilan saya sangat tergantung pada gaji setiap bulan yang diperoleh dari profesi sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah dengan masa kerja kurang dari 3 tahun. Jujur saja, besarannya berkisar diangka 2,5 juta hingga 3,5 juta per bulan.

Untuk meningkatkan penghasilan setiap bulannya, satu-satunya jalan adalah menunggu kenaikan gaji berkala (setiap 2 tahun). Besaran kenaikannya pun hanya sekitar 2 - 3 % dari nominal gaji pokok atau berkisar diangka 100 ribu atau kurang.


Dengan keadaan tersebut, keinginan untuk mencari sumber penghasilan tambahan menjadi motivasi tersendiri. Terlebih setelah peristiwa gempa bumi 7,0 SR yang menghantam Lombok pada 5 Agustus 2018 lalu, dan meluluhratakan pemukiman dikampung halaman saya.
Ya, semacam ada dorongan tersendiri untuk berusaha memulihkan keadaan secepat mungkin.

Namun, apapun motivasi yang mendorong teman-teman untuk mencari penghasilan tambahan, melalui tulisan ini saya ingin menunjukan sisi positif dari akses dunia internet saat ini. Ada banyak cara dan peluang untuk menghasilkan uang secara online. Dan untuk itu, saya ingin membagikan cerita saya setiap bulan untuk membantu memotivasi orang lain dan berharap bisa memperbaiki situasi keuangan mereka dengan menghasilkan lebih banyak uang atau penghasilan tambahan.

2. Kedua, tidak hanya untuk orang lain, penulisan laporan penghasilan ini juga adalah cara saya untuk melihat ke hari-hari sebelumnya, belajar menemukan kesalahan yang perlu diperbaiki untuk mencapai hasil optimal di bulan berikutnya. Apapun yang saya temukan akan selalu ditulis dan dipublikasikan secara terbuka melalui website ini pada update income report setiap bulannya. Harapannya, teman-teman juga bisa belajar dari pengalaman tersebut.


3. Terakhir, saya juga ingin menunjukan bahwa sesibuk apapun teman-teman, melakukan pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan adalah sesuatu yang sangat mungkin untuk dilakukan. Khususnya, dengan memanfaatkan besarnya akses masyarakat Indonesia terhadap jaringan internet saat ini.

Ok, kita kembali ke pertanyaan paling penting dalam tulisan ini,

Bagaimana Saya Menghasilkan $814,35 September 2018 ?

Penghasilan sebesar $814, 35 (sekitar  12 juta) tersebut saya peroleh sepenuhnya dari penayangan iklan di blog.

Saya menjadi salah satu publisher Iklan Google melalui program yang mereka namai Adsense sejak februari atau maret 2016 lalu. Itupun setelah hampir setahun menerima penolakan Google dengan berbagai alasan.

Saat ini, diantara beberapa paragraf dalam tulisan ini, teman-teman mungkin juga akan melihat beberapa banner iklan dari beberapa perusahaan tertentu, toko online, atau link penelusuran bersponsor yang merupakan iklan-iklan dari google.

Iklan-iklan Google Adsense biasanya akan teman-teman temukan diaplikasi android atau ketika sebelum video Youtube diputar atau selama pemutaran video youtube (iklan-iklan yang biasa teman-teman skip) 😁

Untuk teman-teman yang masih belum mengerti apa itu Google Adsense, silakan baca tulisan saya berikut ini:
Mengenal Google Adsense, Mesin Uang Para Blogger dan Yotuber!

Sebelumnya, bulan April dan Juni tahun 2016 saya pernah menghasilkan kurang lebih 400-an dollar dari penayangan iklan. Namun kemudian saya berhenti menulis blog karena kesibukan dengan skripsi dan tugas-tugas mendekati kelulusan.


Bisa dibilang, akun Google Adsense  saya sudah hampir 2 tahun terlantar. Saya mulai aktif kembali menulis sekitar bulan Agustus 2018 lalu karena berbagai alasan, salah satu alasannya sudah saya sampaikan diatas.

Berikut adalah screenshot riwayat transaksi pembayaran Google Adsense saya.
Riwayat Transaksi Source: Google Adsense

Mungkin teman-teman agak bingung kenapa jumlah pembayaran otomatisnya sejumlah US $ 907,39, BUKAN $ 814,35 seperti yang saya sampaikan diatas.


Untuk teman-teman ketahui bahwa Google menetapkan kebijakan bahwa pembayaran kepada para publisher Iklan hanya dapat dilakukan apabila sudah mencapai ambang batas pembayaran, yakni US $ 100.

Jadi, Google tidak akan membayar penayangan Iklan teman-teman jika belum mencapai US $ 100.

Kenapa jumlah pembayaran yang saya terima jadi US $ 907,39? karena sebelumnya ada saldo diakun Google Adsense saya sejumlah US $ 93,04 yang belum dibayarkan karena belum mencapai ketentuan ambang batas tersebut.

Satu lagi, kalau teman-teman perhatikan, transaksi pembayaran tersebut dilakukan pada tanggal 21 Oktober 2018 (bukan september). Hal tersebut karena Google akan membayar penghasilan dari penayangan Iklan teman-teman setiap bulannya (jika sudah mencapai ambang batas pembayaran) ditanggal 21 - 26 bulan berikutnya.

Bukti Transfer Adsense Via Bank
Laporan Pembayaran

Untuk lebih lengkapnya, bagi teman-teman yang mau belajar gimana memulainya, silakan teman-teman baca terlebih dahulu tulisan berikut:
Cara Membuat Blog dan Menghasilkan Lebih Banyak Uang.