Dalam tulisan ini, teman-teman akan mempelajari bagaimana cara membuat blog sendiri, mengelolanya, dan langkah-langkah untuk menghasilkan lebih banyak income (uang) dari blog tersebut. Apa yang akan teman-teman baca, semua adalah pengalaman pribadi sejak saya memulai menulis blog ini hingga sekarang.

Kita semua memiliki motivasi masing-masing yang menjadi dorongan untuk melakukan sesuatu, termasuk saat memutuskan mulai menekuni dunia blogging ini. Saya sendiri, setidaknya ada 2 alasan mengapa dulu saya mulai belajar dan menikmati setiap menulis di blog pribadi saya ini.


Pertama, sebagai sarana untuk menyalurkan hoby saya dalam menulis, entah menulis puisi, opini, atau apapun terkait kegelisahan yang hanya bisa saya sampaikan melalui tulisan-tulisan pendek, (walaupun kadang-kadang lebih terdengar seperti orang curhat) 😅.

Kedua, memperoleh penghasilan tambahan (extra money). Saat mulai menekuni dan belajar blogging, saya sudah sempat membaca beberapa artikel di internet tentang bagaimana menghasilkan uang secara online melalui blog, khususnya dari jasa publish atau penayangan iklan. Dan hari ini, blog ini memungkinkan saya menghasilkan ratusan dollar setiap bulannya dari Google Adsense.  Jadi bagi saya pribadi, blogging seperti sekali mendayuh, dua tiga pulau terlampaui.

Untuk membantu teman-teman memutuskan apakah akan mulai membuat dan menulis blog hari ini atau tidak, saya akan memulai tulisan ini dengan beberapa pertanyaan mendasar.


1# Apakah ini gratis ?

Pertanyaan awal yang sangat penting, teman-teman pasti berharap ini GRATIS. 😂
Tapi saya ingin teman-teman perlu mengerti bahwa hampir tidak ada usaha yang tidak membutuhkan modal awal. 

Menurut saya, pertanyaan harus diubah menjadi, berapa banyak biayanya dan untuk apa?

Modal awal yang saya maksud disini adalah untuk membeli domain (seperti .com, .net, .id, .org, dll) dan hosting untuk blog teman-teman sendiri. 

Memang benar, banyak penyedia blog gratis yang dapat teman-teman pilih dan gunakan. Tapi saya sendiri lebih menyarankan untuk membeli domain sendiri karena beberapa alasan berikut ini:
  • Lebih terlihat profesional.
Singkatnya, agar mudah teman-teman pahami, diantara alamat URL blog berikut ini, mana yang akan lebih dipilih masyarakat umumnya untuk dibaca :

👉 www.masdajet.com
👉 www.masdajet.blogspot.com
👉 www.masdajet.wordpress.com 



Bagaimana?

Ya, alamat URL yang pertama akan menjadi pilihan yang lebih dipercaya dan menarik untuk dibaca. Karena meskipun berbayar, alamat URL pertama lebih umum dikenal masyarakat dan juga lebih pendek, sedangkan yang kedua dan ketiga adalah alamat url untuk blog gratisan dan alamat URLnya menjadi lebih panjang.

Dan celakanya,  semua orang paham bahwa 2 alamat URL seperti itu adalah gratisan dan bisa dibuat oleh anak2 SMP. Sehingga, masyarakat umumnya tidak tertarik membaca artikel-artikel dalam website atau blog dengan alamat URL seperti itu.

Catatan :
Jika menggunakan jasa penyedia blog gratis seperti blogger atau wordpress, maka alamat URL blog teman-teman akan menjadi terlalu panjang.

  • Berpengaruh pada Akun Adsense

Alasan lainnya mengapa saya lebih menyarankan penggunaan domain sendiri (meski tidak gratis) adalah pengaruhnya pada status akun Google Adsense yang akan teman-teman miliki.

Jadi, akun Google Adsense dibagi menjadi 2 yakni, akun non-hosted dan akun hosted.

Jika teman-teman mendaftar sebagai publisher iklan Googe melalui blog dengan domain blogger atau blogspot, dan apabila diterima oleh google untuk menayangkan iklan Adsense, maka akun Google Adsense teman-teman berstatus akun Hosted.

Salah satu kelemahan paling merugikan dari akun hosted tersebut adalah, teman-teman tidak bisa menayangkan Iklan diblog lain yang sudah memiliki domain sendiri. Artinya, untuk menyangkan iklan di blog dengan doman sendiri, teman-teman harus mengajukan permohonan peningkatan status akun lagi. Dan menurut saya, permohonan ini cukup sulit untuk diapprove.


2# Apa yang harus dipersiapkan terlebih dahulu ?

  • Jawab pertanyaan ini, "Apakah Kamu akan konsisten menulis dan membuat konten untuk Blog ini?" 
Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya teman-teman meyakinkan diri untuk berkomitmen akan menyukai atau menjadikan kegiatan "menulis" blog menjadi salah satu hobby baru teman-teman.

Karena saya sering sekali menemukan teman-teman yang sangat bersemangat membuat blog dan kemudian mulai kehilangan semangat dan motivasi tersebut setelah 3 sampai 6 bulan pertama.

Jangan sampai teman-teman hanya membuang waktu dan rugi secara finansial.

  • Membuat akun Paypal

Paypal merupakan salah satu sistem pembayaran atau transaksi keuangan secara elektronik terbesar yang banyak digunakan oleh para penyedia domain maupun template blog diseluruh dunia.

Akun paypal semacam dompet elektronik yang bisa teman-teman gunakan untuk membeli domain untuk blog. Karena beberapa penyedia layanan domain dari luar negeri tidak menerima pembayaran via transfer Bank, kecuali melalui akun paypal tersebut.

Untuk lebih jelasnya, teman-teman silakan baca tulisan berikut untuk mengetahui langkah-langkah mudah membuat akun paypal.
Baca juga: Cara mudah membuat Akun Paypal, memverifikasi, dan mengisi saldonya


3# Cara Mudah Membuat Blog Pribadi

Jika akhirnya teman-teman memutuskan untuk membuat dan menulis blog hari ini, berikutnya saya akan membantu menjelaskan langkah demi langkah bagaimana memulainya. Sebisa mungkin akan disertai gambar, sehingga teman-teman tidak kebingungan.

Pertama, agar lebih mudah dan sambil dipraktekan, silakan klik untuk masuk ke penyedia domain dan hosting Bluehost.
Dan akan muncul tampilan layar seperti gambar dibawah ini.


Kemudian, klik tombol "Get Started Now" dan akan muncul tampilan berikut:

Pilihan paket domain dan hosting
Sebagai pemula, saya sarankan teman-teman pilih yang paket basic, dengan harga $3,95 atau sekitar Rp. 55.000 - an per bulan.

KeduaSetelah klik "basic", maka akan muncul kembali tampilan layar seperti berikut ini:

Cara menghasilkan uang dari blog

Dibagian kotak yang saya warnai merah, silakan teman-teman ketik nama blog atau alamat blog yang ingin teman-teman buat. Misalnya, sebagai contoh saya mengetik "masdajet"

Dikotak berwarna hijau, teman-teman bisa klik tanda panah kecil disampingnya dan akan muncul banyak sekali pilihan domain. Teman-teman bisa memilih domain seperti .com atau .net, .org, .id, dan lain-lain.

Setelah selesai, silakan klik tombol "next" yang berwarna biru.

Ketiga, akan muncul banyak pilihan dan saran alamat blog yang dianggap menarik, teman-teman tinggal klik salah satu yang disukai atau diinginkan.

Cara menghasilkan uang dari blog

Setelah itu, akan muncul tampilan pengisian biodata. Silakan teman-teman isi saja dengan data yang sebenar-benarnya.

Pada bagian detail pembayaran berikut, saya saranin teman-teman pilih yang paket 36 bulan. Artinya, domain dan hosting tersebut berlaku selama 3 tahun kedepan.

Dan saya rasa itu waktu yang sangat lama untuk membangun blog teman-teman dan menghasilkan lebih banyak uang, baik dari penayangan iklan maupun transaksi jual beli yang terjadi diblog teman-teman.


Kemudian, dibagian "package extras" hilangkan saja semua centang agar tidak terlalu mahal. Tapi jika teman-teman memiliki modal lebih, alangkah lebih baik centang yang bagian "Domain Privacy Protection". demi keamanan 😇

Geser kebawah, dibagian "payment information", jika teman-teman sudah memiliki kartu kredit seperti VISA atau MASTERCARD, teman-teman bisa langsung memasukkan nomor kartu kredit, expiration date, dan code CVV2 milik teman-teman.

Namun jika teman-teman belum memiliki kartu kredit, silakan klik tulisan "More payment options"


Sehingga secara otomatis akan muncul pilihan pembayaran melalui "Paypal".
Klik "Pay with Paypal"

Klik untuk memberi tanda centang pada tulisan "I have read and agree....", kemudian klik tombol  hijau bertuliskan "Submit".

Keempat, teman-teman akan dialihkan kehalaman Paypal.

Silakan ketik alamat email yang teman-teman gunakan sewaktu mendaftarkan akun Paypal sebelumnya. (Pastikan juga teman-teman sudah memiliki saldo yang cukup diakun paypal). 😂


Klik tombol "berikutnya", kemudian masukan password paypal dan lanjutkan pembayaran domain tersebut.

Kemudian akan tampil pop-up yang menunjukan teransaksi tersebut berhasil.

Jika sudah sampai ditahap ini, SELAMAT KAMU SUDAH MEMILIKI BLOG SENDIRI 😁

Selanjutnya, point paling utama dan penting adalah teman-teman mengatur desain blog baru, mengganti template atau tampilan website/blog, serta mengatur menu dan mulai menulis konten blog.

Bagaimana melakukannya? saya akan bahas secara mendetail dalam artikel-artikel berikutnya. 
Sekarang istirahat dulu.. Abang lelah dek 😂